KEGIATAN PEMBELAJARAN ANAK TK KRISTEN HARAPAN DI TOPIK LINGKUNGAN – SEKOLAHKU

Sekolah bukan hanya tempat anak-anak belajar membaca, menulis, dan berhitung. Bagi anak-anak TK Kristen Harapan, sekolah adalah rumah kedua, sebuah lingkungan yang penuh kasih, tempat mereka menjelajahi dunia, bertumbuh, dan menemukan jati diri mereka. Melalui topik “Lingkungan – Sekolahku,” anak-anak diajak untuk mengenal lebih dalam setiap sudut sekolah, bukan hanya sebagai bangunan, tetapi sebagai sebuah ekosistem yang hidup dan bermakna.

Pembelajaran dilakukan secara langsung dan menyenangkan. Anak-anak diajak mengenal sekolah dengan berkeliling lingkungan sekolah TK Harapan. Mereka mengamati dan menggambar apa saja yang mereka temui. Mereka menggambar bunga-bunga di taman, menggambar bentuk bangunan sekolah, bahkan membuat bentuk sekolah dari plastisin. Kegiatan ini mengasah kemampuan observasi, motorik halus dan pemahaman spasial mereka. Mereka juga diajak untuk menceritakan kembali pengalaman mereka berkeliling sekolah dalam bentuk cerita pendek, Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan berbahasa, tetapi juga mendorong mereka untuk berekspresi secara bebas.

Anak-anak diajarkan bahwa sekolah adalah anugerah Tuhan yang harus dijaga. Mereka dilibatkan dalam kegiatan praktik kepedulian, seperti menyiram tanaman, memungut sampah, atau merapikan mainan di kelas. Dengan melakukan ini, mereka tidak hanya belajar tentang kebersihan dan kerapian, tetapi juga memahami konsep tanggung jawab dan kasih terhadap lingkungan dan sesama.